Categories
News

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Operasi Gigi Bungsu

Gigi bungsu juga disebut dengan gigi geraham ketiga, merupakan gigi yang terakhir kali tumbuh dan muncul. Gigi bungsu biasanya tumbuh pada seseorang berusia 17-25 tahun. Karena gigi bungsu terkadang muncul tiba-tiba, biasanya akan berdampak pada tampilan gigi menjadi kurang sempurna.

Kemunculan gigi bungsu dapat mengakibatkan tampilan gigi menjadi kurang sempurna karena gigi bungsu tersebut tidak memiliki ruang cukup untuk tumbuh. Dengan begitu, gigi bungsu akan tumbuh secara tidak normal, yaitu miring ke belakang, ke depan atau melintang.

Ketika kondisi kemunculan gigi bungsuĀ  mengakibatkan hal-hal seperti ngilu, infeksi bahkan merusak gigi di sekitarnya maka perlu dilakukan operasi gigi bungsu. Operasi ini merupakan operasi yang dilakukan untuk mencabut atau mengangkat gigi bungsu.

Pencabutan gigi bungsu tentu akan menimbulkan sakit di gusi di sekitar area pencabutan. Oleh sebab itu, sebelum dilakukan operasi maka akan diberikan obat bius terlebih dahulu oleh dokter gigi. Obat bius bertujuan untuk mengurangi rasa sakit saat proses pencabutan berlangsung.

Kenali Kapan Waktu yang Tepat untuk Operasi Gigi Bungsu

Operasi gigi bungsu dilakukan ketika gigi bungsu tumbuh secara tidak sempurna yang menyebabkan infeksi, rasa sakit dan ngilu di sekitar gigi bungsu atau kerusakan pada gigi lainnya. Akan tetapi, operasi yang dilakukan pun tidak asal begitu saja. Melainkan menunggu waktu yang tepat.

Lalu, kapan waktu yang tepat dilakukan operasi pada gigi bungsu? Dalam hal ini, operasi atau pengangkatan gigi bungsu memang harus sangat diperhatikan. Perihal waktu dan juga prosedur operasi harus diketahui oleh pasien dan juga dokter yang menangani.

Gigi bungsu yang akan dilakukan operasi harus dalam keadaan sehat dan baik-baik saja. Artinya, pasien tidak mengalami bengkak pada bagian gusi di sekitar gigi bungsu ataupun rasa sakit lainnya pada saat dilakukan operasi gigi bungsu. Pasalnya, hal itu akan membuat bengkak atau rasa sakit menjadi bertambah.

Selain itu, juga untuk menghindari terjadinya infeksi dan hal-hal lain yang tidak diinginkan. Oleh sebab itu, perlu diperiksa terlebih dahulu sebelum melakukan operasi apakah gigi bungsu dan keadaan gusi sedang dalam keadaan baik-baik saja atau tidak.

Jika rupanya pasien memiliki kondisi gigi bungsu yang tidak dalam keadaan sehat maka operasi gigi bungsu harus ditunda sampai kondisi gigi bungsu pasien kembali membaik.

Biasanya jika terjadi hal seperti ini maka dokter akan memberikan antibiotik agar gigi bungsu cepat pulih.

Apabila keadaan gigi bungsu telah membaik dan siap untuk dilakukan pengangkatan maka proses operasi pun siap untuk dilaksanakan.

Dokter dan pasien dapat mempersiapkan keperluan yang dibutuhkan untuk melakukan pengangkatan gigi bungsu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *