Categories
News

Ingin Kuliah Kedokteran Di Jerman? Perhatikan 3 Hal ini

Siapa disini yang waktu kecil kalau ditanya cita-citanya kalau besar selalu menjawab ingin jadi Dokter? Pasti kebanyakan anak anak hampir pada waktu kecil akan menjawab ingin jadi dokter dan ada baiknya jika Anda ingin kuliah kedokteran ada baiknya memilih negara Jerman.

Karena perkembangan di bidang teknologi, sumber daya manusia sampai bidang kesehatan terutama ilmu kedokteran sangatlah maju di negara ini. Maka tidak asing lagi di telinga jika banyak yang menginginkan menempuh kuliah kedokteran di Jerman.

Baca Juga: Rekomendasi Nasi Box Terbaik

Lalu, bagaimana dengan biaya kuliahnya??? Bagaimana dengan biaya hidup disana??? Setiap orang pasti memperhitungkan hal ini juga sebelum menentukan akan melanjutkan study kedokteran di Universitas kedokteran di Jerman. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin kuliah kedokteran di Jerman, lalu apa sajakah itu?

Ingin Kuliah Kedokteran Di Jerman? Perhatikan 3 Hal ini

1 Kuota pendaftaran

Pasti sudah kita ketahui jika kuota pendaftaran calon mahasiswa yang akan belajar di universitas kedokteran di Jerman tidak akan seimbang dengan jumlah pendaftarnya. Ya, jumlah kuota dan jumlah orang yang mendaftar di universitas di Jerman ini setiap tahunnya mengalami peningkatan.

Hal itu dikarenakan tingginya antusiasme seseorang untuk menempuh pendidikan dokter di universitas kedokteran yang ada di Jerman ini. Pada tahun 2017 jumlah kuota dibanding jumlah pendaftarnya berkisar antara 1:25.

Pasti kalian sudah bisa bayangkan bagaimana perjuangan yang harus ditempuh untuk menyingkirkan 25 orang tersebut. Jadi belajar yang giat ya agar dapat memperoleh satu tiket emas untuk belajar ilmu kedokteran di universitas yang ada di Jerman.

2 Kriteria setiap Universitas kedokteran di Jerman Beda

Setiap unversitas kedokteran di Jerman mempunyai kriteria-kriteria khusus untuk menerima peserta didik di universitasnya. Kriteria utamanya adalah kemmpuan bahasa Inggris baik oral mau tulisan.
Setiap universitas pasti juga menentukan standart minimal kemempuan berbahasa Inggrisnya. Ya meskipun disana nantinya dalam proses belajar serta bersosialisasi sedikit banyak menggunakan bahasa Jerman.

Selain itu, juga ada tes tulis serta tes wawancara dalam penerimaan peserta didik di universitas kedokteran di Jerman. Yang pastinya setiap universitas kedokteran di Jerman mempunyai stadart penilaian masing-masing dalam menerima calon peserta didik di Universitas kedokteran.

3 Jalur Biaya Pribadi atau Beasiswa

Untuk kuliah di universitas kedokteran di Jerman tidak sdikit yang menggunakan biaya pribadi, tapi tidak sedikit pula yang menggunakan peluang beasiswa untuk mendaftar. Beasiswa ini bisa diperoleh dari beasiswa dari pemerintah Indonesia atau yang lebih dikenal dengan sebutan LPDP, atau dari universitas kedokteran yang ada di Jerman.

Jika sudah diterima sebagai peserta didik melalu jalur beasiswa baik dari pemerintah Indonesia atau dari pemerintah Jerman pasti sudah enak kan??? Kita tidak perlu lagi deh pusing-pusing memikirkan biaya hidup selama menmpuh pendidikan di universitas kedokteran di Jerman.

Kita hanya focus bagaimana caranya lulus dengan membanggakan dan pulang ke Indonesia lagi untuk mengamalkan ilmu kedokteran yang sudah kita peroleh selama belajar di Universitas kedokteran di Jeman.

Nah, itulah tadi berbagai macam hal penting yang harus diperhatikan saat hendak ingin kuliah kedokteran di Jerman dan semoga saja artikel ini dapat bermanfaat yah selamat belajar dan raihlah cita cita Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *