Categories
News

Inilah Penyebab Telinga Berdenging Sebelah Kiri dan Kanan

Pernahkah Anda mengalami telinga berdenging? Telinga berdenging sering dikait – kaitkan dengan mitos. Mitos yang sering beredar di masyarakat mengenai telinga berdenging pertanda ada orang yang membicarakan.

Padahal secara medis telinga berdenging yang disebut tinnitus ini bisa jadi merupakan pertanda gangguan kesehatan tertentu. Telinga berdenging bisa disebabkan karena beberapa hal yaitu cemas, depresi dan stres.

Telinga berdenging cukup umum terjadi. Walaupun begitu kondisi telinga berdenging dapat mengganggu aktivitas sehari – hari. Setiap orang yang mengalami pengalaman telinga berdenging merasakan hal berbeda – beda.

Pasalnya suara yang dirasakan saat mengalami telinga berdenging dapat terjadi secara terputus – putus maupun terus – menerus. Suara dengingan itu akan terasa jelas saat tidak ada suara lain di sekitar penderita.

Kebanyakan kasus yang terjadi pada telinga berdenging, suara berdenging hanya dapat didengar oleh penderitanya saja. Telinga berdenging bukan penyakit serius namun bisa jadi hal ini merupakan pertanda dari masalah kesehatan lain yan dialami penderita.

Suara yang didengar oleh penderita telinga berdenging ini juga berbeda  beda. Telinga berdenging bisa terjadi di telinga sebelah kanan ataupun di telinga sebelah kiri.

ika terjadi telinga berdenging parah, dapat menyebabkan sulit berkonsentrasi dan sulit beristirahat sehingga mengakibatkan insomnia dan gangguan psikologis. Jika telinga berdenging atau tinnitus disertai dengan rasa sakit, adanya cairan yang keluar dari telinga dan rasa pusing yang parah, Anda harus waspada.

Penyebab Telinga berdenging Sebelah Kanan

Banyak hal yang dapat menyebabkan terjadingan telinga  berdenging sebelah kanan, diantaranya :

  1. Sering mendengar suara keras

Penyebab telinga berdenging sebelah kanan yaitu sering mendengar suara yang keras dalam kurun waktu yang lama.

Telinga berdenging bisa terjadi karena menyetel musik dengan suara yang keras. Hal lain yang juga bisa menjadi penyebab yaitu sering menggunakan headset setiap hari tanpa henti.

  1. Kondisi stres yang berlebihan

Stres dapat memicu berbagai macam gejala penyakit, salah satunya adalah telinga berdenging sebelah kanan.

  1. Cemas yang berlebihan

Selain stres ternyata cemas yang berlebihan dapat menyebabkan telinga berdenging sebelah kanan. Ketika seseorang mengalami cemas berlebihan, beberapa diantaranya bahkan bisa mendengar dengingan yang lebih keras.

  1. Kekurangan zat besi

Zat besi berperan menjaga agar telinga tidak mudah terserang infeksi. Jika tubuh kekurangan zat bisa maka bisa menyebabkan telinga berdenging sebelah kanan.

  1. Infeksi pada telinga

Kotoran yang terlalu banyak di telinga dapat menyebabkan iritasi atau infeksi di telinga. Jika hal itu terjadi maka bisa menyebabkan telinga berdenging. Kotoran di telinga yang terlalu banyak perlu dibersihkan agar tidak mengganggu pendengaran.

  1. Terlalu sering mengonsumsi aspirin

Telinga berdenging sebelah kanan bisa juga disebabkan karena terlalu sering mengonsumsi obat aspirin. Konsumsi aspirin yang berlebihan dapat mengganggu kualitas pendengaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *