Categories
Rumah

Pengembangan di Lahan Belakang

Saya berumur 29 tahun, sudah berkeluarga namun belum memiliki anak. Saya membeli rumah tipe 38/72 (ukuran lahan 6m x 12m) dengan denah terlampir. Rumah yang mungil, ya, Pak. Saya berpikir untuk memindahkan lokasi kamar mandi ke lahan belakang yang kosong (sejajar dengan ruang tidur 2). Dinding belakang antara teras dan ruang keluarga tidak dibangun, karena rencananya akan saya buat meja makan ala bar, sementara sisa lahan belakang akan ditutup atapnya dengan fiber glass.

Baca juga : Jual Genset Semarang

Namun, saya masih ragu dengan ide ini, karena itu saya mohon masukan Bapak mengenai hal tersebut. Ruangan yang saya inginkan adalah sebagai berikut. 1. Ruang tamu. 2. Ruang keluarga jika memungkinkan. Mohon masukannya apakah ruang tamu dan keluarga sebaiknya digabung saja. 3. Dapur. 4. Jemuran. 5. Carport. 6. Taman. Mohon maaf ya banyak pertanyaan, terima kasih banyak atas kesediaan Bapak.

Bapak Teza yang budiman, Saya turut berbahagia dengan rumah baru Bapak yang akan segera dibangun. Pertanyaan Anda memang banyak, namun saya sangat senang, karena berarti Anda sangat perduli dengan rumah Anda. Jadi, mari kita bahas satu persatu sambil menjelaskan pengembangan rumah Anda ini. Pertama-tama, pengembangan atau perubahan denah dilakukan dengan memanfaatkan ruang yang ada, agar lebih optimal.

Kamar mandi bisa dipindahkan, namun jangan di bagian belakang, karena sebaiknya kamar mandi berada di tempat yang mudah pencapaiannya. Selanjutnya, untuk rumah dengan keterbatasan ruang, saya menyarankan ruang tamu dan ruang keluarga dijadikan satu. Lebih baik memilki satu ruang yang luas dan terbuka daripada ruang banyak namun kecil dan sempit. Ruang keluarga dibiarkan terbuka, menyatu dengan ruang makan dan dapur, supaya didapat ruang yang terbuka.

Namun apabila Anda masih ingin punya privasi, Anda dapat memperluas teras depan dan memanfaatkannya sebagai ruang penerima untuk tamu yang bukan keluarga atau teman dekat. Untuk saat ini, Anda belum dikaruniai putra, ruang tidur 2 dapat Anda manfaatkan sebagai ruang kerja. Anda juga bisa membuat ruang kerja ini sekaligus sebagai ruang tidur tamu, sehingga apabila ada keluarga yang akan menginap, Anda sudah memiliki ruangan untuk digunakan.

Anda dapat membuat meja dan tempat tidur yang dapat dilipat, sehingga ruangan dapat berubah fungsi sesuai kebutuhan. Untuk ruang jemur, Anda dapat memanfaatkan sebagian sisa halaman di belakang sebagai ruang cuci dan jemur. Semoga jawaban dan ide yang saya berikan dapat berkenan untuk Anda. Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *